Jumat, 05 Desember 2014

Metode Pertolongan Di Air

Ada banyak metode untuk menolong orang yang tenggelam (korban). Metode dasar yang sering digunakan tim SAR untuk menolong korban dari dalam air adalah sebagai berikut :

Reach (Meraih/Menjangkau Korban)

Metode ini  adalah metode yang paling tidak beresiko untuk penyelamat, metode ini digunakan didarat atau dipinggir kolam berenang, metode ini adalah meraih/menjangkau  korban yang tenggelam dengan menggunakan tongkat, anggota tubuh penyelamat atau pun dengan rantai manusia.(dalam kasus air dangkal).



Throw (Melempar)

Metode ini  hampir sama dengan metode Reach, namun pada metode ini, bukan menjangkau korban, melainkan melempar alat apung untuk korban, kemudian menarik korban menggunakan alat apung tersebut. metode ini  sering menggunakan Ring Buoy yang terdapat pada alat keselamatan penumpang kapal.


Row 

Metode ini adalah metode yang digunakan ketika Teknik Reach dan Throw tidak dapat lagi digunakan, Teknik ini harus menggunakan akses pertolongan seperti Perahu Karet dan Jetski untuk menjangkau korban, kemudian menggunakan Teknik Reach dan Throw untuk menolong Korban.



Go

Metode ini adalah metode yang digunakan ketika penolong tidak mempunyai alat akses sehingga mengharuskan penolong untuk melakukan penyelamatan secara langsung, namun dengan menggunakan alat apung yang kemudian disampaikan kepada korban, kemudian penolong menarik korban menuju tempat yang aman.


Tow & Carry

Metode terakhir yang harus dipilih penolong untuk menolong korban, metode ini adalah metode yang paling tinggi resikonya untuk penolong karena harus berkontak langsung dengan korban. untuk menghindari resiko besar dan tidak diinginkan, penolong harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan bertahan dan melepaskan diri (Defend and Release)




Demikian Metode pertolongan di air, diharapkan dapat menambah pengetahuan kakak-kakak dalam bidang kemampuan penyelamatan, yang harus diingat adalah "KORBAN ADALAH KORBAN, JANGAN SAMPAI KITA MENJADI KORBAN JUGA", jadi, kakak-kakak harus mengetahui faktor-faktor yang menetukan kakak adalah penolong yang baik atau bukan dengan cara: 
  1. Pertimbangkan Kemampuan
  2. Pengetahuan
  3. Keahlian
  4. Kesiapan fisik
sebelum menolong korban, sehingga kakak-kakak dapat menghindari resiko yang akan terjadi diri kakak sendiri... Salam.. AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM


0 komentar:

Posting Komentar